Pan Brothers (PBRX) Gelar RUPSLB pada 15 September Mendatang, Ini Agenda

Rabu, 10 Agustus 2022 | 12:40 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Pan Brothers (PBRX) Gelar RUPSLB pada 15 September Mendatang, Ini Agenda


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pan Brothers Tbk (PBRX) berencana melaksanakan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue dengan melepas sebanyak-banyaknya 21,5 miliar saham baru. Jumlah tersebut setara 331,87 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Sebelum melaksanakan rights issue, Pan Brothers akan meningkatkan modal dasar dari Rp 647,5 miliar menjadi Rp 875 miliar. Secara jumlah, modal dasar tersebut naik dari 25,9 miliar saham menjadi 35 miliar saham.

Untuk merealisasikan rencana rights issue ini, Pan Brothers perlu meminta restu pemegang saham terlebih dahulu. Oleh karena itu, perusahaan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 15 September 2022 mendatang.

"Dengan demikian pelaksanaan rights issue sesuai ketentuan yang belaku paling lambat 12 bulan setelah tanggal pelaksanaan RUPS, dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata manajemen Pan Brothers dalam keterbukaan informasi, Selasa (9/8).

Saham yang akan dikeluarkan dari portepel memiliki nilai nominal Rp 25 per saham, sedangkan harga pelaksanaan akan diberitahukan kemudian. Pemegang saham perusahaan yang tidak melaksanakan HMETD miliknya dan tidak mengambil porsi atas saham baru dapat terdilusi sebesar maksimum 76,85%.

Baca Juga: Penjualan Ekspor Pan Brothers (PBRX) Naik 9,90% pada Kuartal I-2022, Ini Sebabnya

Lebih lanjut, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, Pan Brothers berencana menggunakan dana hasil rights issue untuk modal kerja demi mendukung pengembangan usaha.

Manajemen menjelaskan, sejak awal tahun 2022, Pan Brothers mempersiapkan untuk meningkatkan ekspor Indonesia di pasar global yang mempunyai peluang yang baik.

Oleh sebab itu, Pan Brothers dan anak usahanya melakukan pengembangan otomatisasi dan digitalisasi serta menjadikan Pan Brothers sebagai perusahaan 4.0.

"Ini akan meningkatkan efisiensi produksi dan sumber daya manusia, dengan sasaran utama meningkatkan daya saing perusahaan di sektornya. Oleh karenanya, Pan Brothers memerlukan modal kerja yang cukup dalam rangka mendukung rencana pengembangan dan permintaan pasar," tutur manajemen Pan Brothers.

Rights issue ini juga akan meningkatkan dana kas dan menurunkan rasio liabilitas terhadap modal perusahaan. Dengan demikian akan memberikan peluang bagi Pan Brothers untuk memperoleh pembiayaaan atas rencana ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru