Pergerakan harga jangka pendek dan dividen interim 2020, mana yang lebih menarik?

Selasa, 24 November 2020 | 17:15 WIB   Reporter: Benedicta Prima
Pergerakan harga jangka pendek dan dividen interim 2020, mana yang lebih menarik?


PEMBAGIAN DIVIDEN - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) bakal membagi dividen interim Rp 87 per saham. Nilai ini lebih rendah bila dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 430. 

Di lihat dari sisi yield, bila melihat pergerakan harga saham UNVR hari ini Selasa (24/11) pukul 10.52 WIB di kisaran Rp 7.900 maka yield dividen sebesar 1,1%. Yield dividen tahun ini lebih tinggi dari pada tahun lalu yang di kisaran 1,04% pada harga di kisaran Rp 41.500. 

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan dividen UNVR tahun ini memang kurang menarik. Namun di sisi lain, investor juga perlu melihat keberlangsungan bisnis Unilever Indonesia. 

"Dari sisi investor dividen UNVR pada tahun ini kurang menarik, namun kita juga perlu memperhatikan sustainability dari sisi perusahaan juga, mengingat saat ini kinerja dari UNVR juga sedang dalam tekanan sejak awal tahun," jelas Okie, Selasa (24/11). 

Baca Juga: Sejumlah emiten ini akan bagi dividen interim, ini kata analis

Selain UNVR, beberapa emiten juga telah melewati tanggal cum dividen interim. Antara lain PT Kino Indonesia Tbk (KINO) sebesar Rp 20 dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) sebesar Rp 2, yang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. 

Sisanya PT Surya Pertiwi Tbk (SPTO) senilai Rp 20 dan PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) Rp 37, tidak mengalami pengubahan nominal dividen.

Penurunan nilai dividen ini dinilai wajar melihat kondisi saat ini, di mana ekonomi tengah mengalami tekanan dan terlihat pada harga-harga saham yang ikut turun. 

Okie menilai dividen kali ini dinilai tak terlalu menarik.

"Jika investor yang fokus mencari dividen tentunya tidak menarik dimana saat ini pergerakan jangka pendek lebih dapat memberikan return yang relatif lebih tinggi dari pada dividen," jelasnya. 

Selanjutnya: Unilever Indonesia (UNVR) membagikan dividen interim Rp 3,32 triliun, simak jadwalnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru