Perkuat infrastruktur, Telkom Indonesia (TLKM) sudah serap capex Rp 17,9 triliun

Kamis, 05 November 2020 | 17:00 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Perkuat infrastruktur, Telkom Indonesia (TLKM) sudah serap capex Rp 17,9 triliun

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona (Covid-19) tak membuat PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menghentikan ekspansinya. Buktinya, dalam sembilan bulan pertama tahun ini, perusahaan halo-halo ini tetap berinvestasi guna mengakselerasi bisnis digital serta memberikan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat.

Hingga kuartal III 2020, belanja modal alias capital expenditure (capex) yang telah direalisasikan TLKM mencapai Rp 17,9 triliun. 

Menurut Direktur Keuangan TLKM Heri Supriadi, sebagaian besar dana capex tersebut telah digunakan untuk penguatan infrastruktur guna meningkatkan kualitas layanan. "Dengan investasi yang terjaga, kami optimis dan berharap dapat menutup tahun 2020 dengan kinerja yang kian sehat dan profitabilitas yang baik,” kata dia dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/11). 

Lebih lanjut Heri bilang, dengan situasi pandemi yang diperkirakan masih akan berlangsung, sebenarnya  memberikan ruang bagi akselerasi digital. Telkom pun melihat peluang ini untuk menghadirkan solusi melalui beragam layanan digital yang didukung oleh digital connectivity dan digital platform yang kuat.

Baca Juga: Matahari Department Store (LPPF) beli saham Nobu Bank (NOBU) hingga Rp 549,64 miliar

"Telkom akan terus berinovasi memberikan produk dan layanan digital, tidak hanya untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat tapi juga untuk menggerakkan perekonomian nasional,” pungkas dia. 

Asal tahu saja, hingga kuartal III-2020, perusahaan pelat merah ini berhasil mencetak kenaikan laba bersih 2,55% secara tahunan (yoy). 

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih TLKM, anggota indeks Kompas100 ini, hingga kuartal III-2020 tercatat sebesar Rp 16,86 triliun. Padahal di periode yang sama tahun lalu, laba bersih perusahaan pelat merah ini masih Rp 16,44 triliun.

Kenaikan laba bersih didapat perusahaan berkat efisiensi yang berjalan optimal. Mengingat, pendapatan TLKM di periode Januari-September 2020 malah turun 2,62% menjadi Rp 99,94 triliun.

Asal tahu saja, hingga kuartal III-2019 lalu, pendapatan TLKM masih Rp 102,63 triliun.

 

Selanjutnya: Begini kinerja Telekomunikasi Indonesia (TLKM) hingga kuartal III-2020

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru