Sentuh Rekor Tertinggi, Analis Tetap Rekomendasi Beli Saham MEDC, Simak Alasannya

Jumat, 26 Agustus 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Sugeng Adji Soenarso
Sentuh Rekor Tertinggi, Analis Tetap Rekomendasi Beli Saham MEDC, Simak Alasannya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) Segera membuka jam perdagangan saham edisi hari Jumat 26 Agustus 2022. Salah satu rekomendasi saham yang tidak boleh dilewatkan hari ini adalah saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Harga saham MEDC pada perdagangan Kamis 25 Agustus 2022 mencetak rekor tertinggi sejak Maret 2019. Meski sudah rekor tertinggi, analis tetap rekomendasi beli saham MEDC.

Harga saham MEDC pada perdagangan Kamis 25 Agustus 2022 ditutup di level 775 naik 5 poin atau 0,65% dibandingkan sehari sebelumnya. Selama 5 hari perdagangan terakhir, harga saham MEDC naik 155 poin atau 25%.

Lonjakan harga saham MEDC tersebut menjadi yang tertinggi sejak Maret 2019. Pada 1 Maret 2019, harga saham MEDC sebesar 791, tapi setelah itu melorot bahkan mencapai level terendah 277 pada 20 Maret 2020.

 

 

Beberapa saham terpantau konsisten menguat sejak awal tahun. Bahkan, beberapa ada yang hampir menyentuh all time high. Analis menilai penguatan tersebut terdorong dari pertumbuhan kinerja keuangan.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, kenaikan harga saham tersebut tak lepas dari kinerja fundamental emiten yang cukup tinggi. Apresiasi emiten yang diberikan kepada investor dalam bentuk dividen pun turut memberikan stamina bagi pergerakan sahamnya.

Nico juga melihat, emiten tersebut mampu mengelola ekspektasi investor dengan baik terkait dengan prospek bisnis dan potensi valuasinya di masa yang akan datang dengan aksi korporasi yang dilakukan.

MEDC misalnya yang baru saja akuisisi Conoco Phillip.  "Hal ini yang kami perhatikan akan menjadi bekal fundamental di masa yang akan datang," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (25/8).

Baca Juga: Produksi Migas Naik, Saham Medco Energi (MEDC) Masih Menarik

Research Analyst Reliance Sekuritas Lukman Hakim melanjutkan, MEDC masih memiliki potensi pertumbuhan ke depannya. "Jika melihat kondisi saat ini di tengah krisis energi di Eropa yang membuat harga energi mengalami kenaikan sehingga membuat sektor energi seperti MEDC masih berpotensi mengalami kenaikan," katanya.

Karenanya, ia menilai investor saat ini bisa memperhatikan di sektor energi terlebih dahulu. Sementara untuk sektor lainnya, ia menyarankan investor untuk menunggu arah kebijakan ekonomi global khsususnya khususnya dari AS yang berpotensi kembali hawkish.

Nico menambahkan, melihat pada valuasinya emiten-emiten tersebut masih terbilang murah dibandingkan rata-rata peers industri. Sehingga, dinilainya ini masih jadi momentum akumulasi beli dengan harga pasarnya saat ini yang relatif lebih murah nilai intrinsiknya.

Kemudian juga mempertimbangkan kondisi ekonomi, prospek industri, kinerja fundamental, dan potensi valuasinya di masa yang akan datang.

Nico pun rekomendasi buy saham MEDC dengan target harga Rp 980.

Itulah rekomendasi saham MEDC untuk perdagangan hari ini, Jumat 26 Agustus 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham MEDC di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru