Sumber Alfaria (AMRT) Cetak Pertumbuhan Pendapatan 11,97% pada 2021

Rabu, 25 Mei 2022 | 22:21 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Sumber Alfaria (AMRT) Cetak Pertumbuhan Pendapatan 11,97% pada 2021

ILUSTRASI. Paparan publik?PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) di Tangerang (25/5/2022).


EMITEN - TANGERANG. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berhasil mencetak kinerja yang positif pada tahun 2021. Emiten ritel ini membukukan pendapatan sebesar Rp 84,90 triliun, nilai ini tumbuh 11,97% dari Rp 75,83 triliun pada tahun 2020.

Dari sisi laba, AMRT memperoleh laba bersih sebesar Rp 1,95 triliun atau tumbuh 83,83% dari laba bersih tahun 2020.

Seiring penurunan kasus Covid-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai menunjukan sinyal perbaikan pada tahun 2021. Setelah terkontraksi cukup dalam pada tahun 2020, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 3,7% serta mengalami penguatan baik dari sisi konsumsi maupun produksi.

Perkembangan ekonomi nasional selama tahun 2021 juga diikuti oleh penguatan kondisi fiskal, khususnya pada bagian pendapatan negara.

Baca Juga: Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) Akan Terbar Dividen, Ini Besarannya

Kinerja penjualan sektor ritel pun mencatat pertumbuhan positif pada tahun 2021, walaupun sektor ritel mengalami volatilitas yang cukup signifikan di awal tahun 2021 dengan realisasi terkontraksi sebesar 1% - 1,5% pada kuartal I 2021, dan kemudian mulai tumbuh positif pada kisaran 5% - 5,5% pada kuartal II tahun 2021.

Namun, sektor ritel kembali menghadapi penyebaran Covid-19 varian Delta serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berdampak pada penurunan pertumbuhan ritel pada posisi 2% - 2,5% pada kuartal III tahun 2021.

Meski begitu, di kuartal IV pertumbuhan ritel kembali tumbuh positif sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang melesat tumbuh 5,02%.

"Di tengah kondisi yang masih belum menentu ini, Perseroan berhasil mempertahankan kinerja yang memuaskan. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan dan penambahan jumlah gerai Perseroan dan Entitas Anak sepanjang tahun 2021,” ujar Tomin Widian, Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Rabu (25/5).

Tomin mengatakan, pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini membuat perubahan gaya belanja konsumen, saat ini tren belanja online semakin marak dilakukan oleh masyarakat.

 

 

AMRT dengan sigap melakukan penyesuaian operasional untuk menjawab kebutuhan masyarakat, antara lain melakukan inisiatif untuk mengembangkan layanan baru SAPA (Siap Antar Pesanan Anda) melalui aplikasi Alfagift.

Ia melanjutkan, pelanggan dapat berbelanja cukup dengan menggunakan aplikasi Alfagift dan nantinya barang yang dipesan dapat langsung dikirim ke rumah tanpa biaya tambahan. Pada tahun 2021, lebih dari 1.500 armada SAPA siap melayani pesanan melalui Alfagift.

Baca Juga: Alfagift Berambisi Jadi Solusi Belanja Harian

Tantangan utama yang dihadapi oleh Perseroan pada tahun 2021 adalah gelombang kedua Covid-19. Terjadinya gelombang kedua Covid-19 tersebut mendorong pemerintah untuk kembali menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Di sisi lain, AMRT menghadapi tantangan dalam memastikan ketersediaan barang di gerai dan memastikan harga barang yang dijual dapat dijangkau oleh konsumen. Fenomena offline to online yang telah tumbuh selama beberapa tahun terakhir semakin terlihat jelas di tahun ini.

Memasuki tahun 2022, sambung Tomin, AMRT merasa optimistis untuk perbaikan kinerja dan produktivitas, karena penanganan Covid-19 yang sudah lebih baik, distribusi vaksinasi yang semakin meluas, dan aktivitas masyarakat serta kegiatan bisnis yang semakin diperlonggar oleh pemerintah.

Semenjak adanya pelonggaran, diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 diharapkan dapat tumbuh pada kisaran 4,7% - 5,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru