Tak hanya pegang konsesi, Waskita (WSKT) akan ikut tender konstruksi tol Jogja-Bawen

Sabtu, 14 November 2020 | 10:25 WIB   Reporter: Benedicta Prima
 Tak hanya pegang konsesi, Waskita (WSKT) akan ikut tender konstruksi tol Jogja-Bawen


KINERJA EMITEN - JAKARTA. PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ikut dalam konsorsium Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jogja Bawen untuk Tol Jogja-Bawen dengan kepemilikan saham 12,5% atau setara Rp 4,62 miliar. 

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum menjelaskan selain sebagai investor Waskita Karya tetap mengikuti proses tender kontrak konstruksi yang akan dilakukan oleh PT Jasamarga Jogja Bawen selaku BUJT. 

"Pembangunan proyek tersebut akan menambah potensi kontrak konstruksi dan penjualan beton pra-cetak," jelas Ratna kepada Kontan.co.id, Jumat (13/11). 

Adapun nilai investasi pembangunan ruas tol Jogja-Bawen ini sebesar Rp 14 triliun dengan masa konsensi 40 tahun. Waskita Karya akan memenuhi kebutuhan investasi sesuai dengan kepemilikannya yaitu 12,5%. 

Baca Juga: Proyek jalan tol Yogyakarta-Bawen bakal terdiri dari enam seksi, ini rinciannya

"Dikarenakan investasi jalan tol bersifat jangka panjang, maka Waskita akan menggunakan dana yang berasal dari ekuitas perusahaan ataupun pinjaman jangka panjang untuk memenuhi porsi investasi pada ruas Jogja-Bawen," jelasnya. 

Jalan tol ini memiliki panjang 78,52 kilometer (km) yang terbagi menjadi 6 seksi mencakup seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sepanjang 8,25 km, seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,26 km dan seksi 3 dari Borobudur-Magelang sepanjang 8,08 km. 

Kemudian seksi 4 Magelang-Temanggung 16,46 km, seksi 5 Temanggung-Ambarawa 22,56 km, dan seksi 6 Ambarawa-Bawen 5,21 km. 

Pembangunan konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen ini akan dimulai pada tahun 2021 dan ditargetkan selesai pada 2023. 

Selanjutnya: PPJT tol Yogyakarta–Bawen resmi diteken, konstruksi dilakukan mulai Agustus 2021

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru