Untuk Diversifikasi, Ini Pilihan Saham Non Komoditas untuk Trading Hari Selasa (8/3)

Selasa, 08 Maret 2022 | 08:15 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Untuk Diversifikasi, Ini Pilihan Saham Non Komoditas untuk Trading Hari Selasa (8/3)


REKOMENDASI SAHAM - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) segera membuka jam perdagangan saham edisi hari Selasa 8 Maret 2022. Di tengah lonjakan harga minyak dan batubara, harga saham komoditas diprediksi akan terus naik. Untuk diversifikasi, investor bisa mencermati pilihan saham berikut.

Namun, sebelum melihat rekomendasi saham, mari cermati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terlebih dahulu. IHSG tercatat turun 0,86% ke level 6.869,06 pada perdagangan Senin 7 Maret 2022 dari posisi akhir pekan lalu di 6.982,32. Investor asing juga mencatatkan net sell senilai Rp 77,5 miliar di seluruh pasar.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino prediksi IHSG hari ini akan lanjut melemah dengan suport di level 6.825 dan resisten di 6.915. "Sentimen melonjaknya harga komoditas minyak mentah dikhawatirkan akan memicu lonjakan inflasi dan memperlambat pemulihan ekonomi global," kata Mino saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (7/3).

Saham sektor komoditas diprediksi masih akan menjadi pilihan para investor. Namun, investor juga perlu melakukan diversifikasi untuk antisipasi penurunan harga komoditas secara tiba-tiba.

Untuk saham non komoditas, Mino rekomendasi investor mencermati saham TLKM, MAPI, dan BMRI. Pada perdagangan Senin 7 Maret 2022, harga saham TLKM ditutup di level 4.510 naik 110 poin atau 2,50% dibanding sehari sebelumnya.

Sedangkan harga saham BMRI pada perdagangan Senin 7 Maret 2022 ditutup di level 7.550, turun 100 poin atau 1,31%. Namun pada pekan lalu, harga saham BMRI sempat menembus level 7.800, yakni pada Selasa 1 Maret 2022.

Baca Juga: Prediksi IHSG Selasa (8/3) Turun Lagi, Cek Pilihan Saham untuk Trading Hari Ini

Saham komoditas pilihan

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan masih menjagokan saham komoditas untuk meraih cuan. Pasalnya, ada peningkatan risiko ketidakpastian seiring potensi sanksi-sanksi baru yang dijatuhkan pada Rusia menyusul operasi militer Rusia ke Ukraina. Sanksi terbaru yang tengah dibicarakan terkait dengan sektor energi.

Ancaman sanksi tersebut memicu lonjakan harga komoditas energi, terutama minyak, gas, dan batubara. Untuk perdagangan Selasa (8/3), Valdy menyarankan pelaku pasar mencermati peluang speculative buy pada saham ANTM, MDKA, INKP, ADRO, INCO, AKRA, dan ELSA.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk trading hari ini, Selasa 8 Maret 2022. Ingat, disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru