Bumi Resources Minerals (BRMS) Mengerek Produksi Emas Secara Bertahap

Rabu, 23 Agustus 2023 | 06:55 WIB   Reporter: Yuliana Hema
Bumi Resources Minerals (BRMS) Mengerek Produksi Emas Secara Bertahap


EMITEN - JAKARTA. PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) baru saja masuk dalam FTSE Global Equity Index Series Asia Pacific. Entitas Grup Bakrie ini masuk dalam indeks global bersama dengan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Keduanya masuk dalam kategori small caps atau saham dengan kapitalisasi kecil. 

Direktur Bumi Resources Minerals, Herwin Hidayat, mengatakan bahwa masuknya BRMS ke dalam indeks FTSE menunjukkan bahwa komunitas investasi global semakin percaya pada kinerja BRMS yang semakin baik.

"Hal ini konsisten dengan kinerja produksi dan keuangan perusahaan. BRMS secara bertahap terus meningkatkan produksi emas secara bertahap," kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (23/8). 

Herwin menjelaskan bahwa setelah pembangunan pabrik emas kedua di Palu selesai pada akhir tahun 2022, BRMS secara bertahap meningkatkan produksi emas hingga mencapai kapasitas penuh pabrik tersebut.

Baca Juga: Rebalancing Indeks FTSE Russell, BUMI dan BRMS Masuk Small Cap

Diharapkan pada akhir September atau awal Oktober 2023, pabrik baru ini akan beroperasi dengan kapasitas penuh. Pabrik tersebut akan mampu memproduksi 4.000 ton bijih per hari.

"Pada kuartal ketiga 2023, produksi emas juga diharapkan akan kembali meningkat. Ini akan berdampak positif terhadap kinerja keuangan BRMS," ucap Herwin. 

Selama semester pertama tahun 2023, BRMS berhasil mencatatkan produksi emas sebanyak 236 kg atau setara dengan 7.611 ons. Angka ini melonjak sebesar 200% dibandingkan dengan semester pertama tahun 2022 yang hanya mencapai 82 kg atau setara dengan 2.531 ons.

Baca Juga: Produksi Emas Meningkat, Pendapatan BRMS Naik 185,92%

Bersamaan dengan peningkatan produksi, harga rata-rata penjualan (ASP) emas BRMS juga naik sebesar 4% menjadi US$ 1.928 per ons dari sebelumnya US$ 1.854 per ons.

Ini juga memberikan kontribusi positif pada performa keuangan BRMS. Selama enam bulan pertama tahun 2023, Bumi Resources Minerals berhasil meraih pendapatan sebesar US$ 15,8 juta, meningkat sebesar 186% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada akhir Juni 2023, BRMS mencatat laba bersih sebesar US$ 5,63 juta. Angka ini naik sebesar 44% dibandingkan dengan laba bersih pada periode yang sama di tahun 2022 yang hanya sebesar US$ 3,91 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru