Eastparc Hotel (EAST) Raih Kinerja Positif Hingga Akhir Semester I-2023

Rabu, 26 Juli 2023 | 08:15 WIB   Reporter: Dimas Andi
Eastparc Hotel (EAST) Raih Kinerja Positif Hingga Akhir Semester I-2023


EMITEN - JAKARTA. Emiten perhotelan PT Eastparc Hotel Tbk (EAST) meraih kinerja yang tergolong positif hingga akhir semester I-2023. Hasil ini coba dipertahankan oleh EAST hingga pengujung tahun nanti.

Sebagai informasi, EAST mencetak kenaikan pendapatan 26,83 year on year (YoY) menjadi Rp 49,54 miliar pada semester I-2023. Laba bersih tahun berjalan EAST juga tumbuh 28,85% YoY menjadi Rp 17,06 miliar.

Manajemen EAST menilai, situasi pandemi Covid-19 yang telah berakhir di Indonesia membuat minat masyarakat untuk melakukan kegiatan di luar rumah meningkat tajam. Dengan sendirinya, permintaan sewa kamar hotel juga ikut melonjak, tak terkecuali hotel yang dikelola EAST.

Baca Juga: Pendapatan Eastparc Hotel (EAST) Naik 26,83% YoY pada Semester I-2023

Sebagai gambaran, rata-rata tingkat keterisian kamar atau okupansi Hotel EAST kini telah mencapai 97% atau lebih tinggi dari level okupansi hotel perusahaan pada 2022 lalu yakni 90%. Tingkat okupansi hotel tersebut bisa kembali melonjak tatkala momen musiman tiba, seperti libur akhir tahun.

Tidak hanya itu, EAST juga merasakan adanya kenaikan permintaan sewa ruangan di hotel seiring maraknya kegiatan yang berkaitan meeting, incentives, conventions, & exhibitions (MICE) selama 2023 berjalan.

Asal tahu saja, Eastparc Hotel yang berlokasi di Yogyakarta memiliki kamar sebanyak 192 unit dan 20 ruangan meeting.

Pihak EAST pun optimistis tren peningkatan kinerja keuangan tersebut akan berlanjut pada semester II-2023.

"Target kami untuk 2023 masih sama, yakni pendapatan sebesar Rp 100 miliar dan laba bersih Rp 35 miliar," ujar Direktur Pemasaran Eastparc Hotel Wahyudi Eko Sutoro, Selasa (25/7).

Untuk memenuhi target kinerja dan menjaga level okupansi hotel, EAST menerapkan strategi dynamic pricing atau pemberian harga yang berbeda-beda menyesuaikan dengan perubahan permintaan dan direct selling dengan mendekatkan diri kepada calon pelanggan. Selain itu, EAST juga aktif melakukan kegiatan promosi secara online hingga menyediakan tambahan fasilitas bagi tamu.

 

 

Wahyudi menambahkan, EAST menyediakan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 8 miliar pada 2023. Dana tersebut digunakan untuk peningkatan fasilitas untuk wahana yang ada di hotel seperti wildsplash (taman bermain air) dan river sandplay (taman bermain pasir). EAST juga memakai capex tahun ini untuk perbaikan fasilitas kolam renang hotel.

"Realisasi capex kami sudah mencapai 75%," tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru