IPO, Widiant Jaya Krenindo (WIDI) Bidik Dana Rp 46 Miliar

Senin, 19 Juni 2023 | 06:10 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
IPO, Widiant Jaya Krenindo (WIDI) Bidik Dana Rp 46 Miliar


RENCANA IPO - JAKARTA. Satu lagi calon emiten bersiap melenggang ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Adalah PT Widiant Jaya Krenindo Tbk yang akan melangsungkan penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO).

Perusahaan yang nantinya akan menggunakan kode saham WIDI ini akan melepas Sebanyak-banyaknya 400 juta saham biasa atas nama atau sebanyak-banyaknya 25,00% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO

Melansir laman e-IPO, Sabtu (17/6), saham ini ditawarkan  dengan rentang harga antara Rp 100 sampai dengan Rp 115 per saham. Sehingga, WIDI berpotensi mengantongi dana segar maksimal Rp 46 miliar dari aksi korporasi ini. Masa penawaran awal berlangsung dari16 Juni 2023 sampai 22 Juni 2023.

Baca Juga: Amman, PHE, Hingga Palm Co Bersiap IPO, Berikut Prediksi Dampaknya bagi Pasar Saham

Sekitar 51,63% atau sekitar Rp 22,2 miliar dana hasil IPO akan digunakan WIDI untuk pembelian alat berat dari pihak ketiga dalam rangka menambah kapasitas dan diversifikasi bisnis penyewaan alat berat dengan rincian sebagai berikut

  • 1 unit Excavator (merek Kobelco) kapasitas 50 Ton
  • 1 unit Excavator (merek Kobelco) kapasitas 200 Ton
  • 3 unit Rough Terrain Crane (merek Kobelco/Kato/Tadano) kapasitas 25 Ton
  • 1 unit Rough Terrain Crane (merek Kobelco/Kato/Tadano) kapasitas 35 Ton
  • 1 unit Rough Terrain Crane (merek Kobelco/Kato/Tadano) kapasitas 50 Ton
  • 1 unit Rough Terrain Crane (merek Kobelco/Kato/Tadano) kapasitas 60 Ton
  • 1 unit Loader Crane (merek Kobelco/Kato/Tadano) kapasitas 8 Ton
  • 2 unit (merek Genie/Zoomlion) Scissor Lift

Sementara itu, sisanya akan dipergunakan yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari, antara lain namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji karyawan, tunjangan karyawan, serta untuk modal kerja berupa gaji operator, biaya pemeliharaan alat berat, biaya overhaul terhadap komponen di dalam mesin alat berat, biaya overtime, biaya mobilisasi-demobilisasi alat berat/crane, biaya transportasi, dan lain-lain.

Sebagai pemanis, Perusahaan penyewa alat berat ini secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak 420 juta Waran Seri I atau sebanyak 35,00%  dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma?cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Aturannya, setiap pemegang 20 saham baru WIDI berhak memperoleh 21  Waran Seri I dimana setiap 1  Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang dikeluarkan dalam portepel. Total dana dari penerbitan Waran Seri I adalah sebanyak?banyaknya Rp 50,40 miliar.

Dana yang diperoleh WIDI dari pelaksanaan Waran Seri I, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja WIDI, yaitu untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari,

Asal tahu, WIDI menyewakan dan menjual rough terrain crane, mobile crane, loader crane (salah satu varian alat berat dengan keunikan yakni berupa dikendalikan kabel atau bertenaga hidrolik). Penggunaan crane utamanya adalah untuk memindahkan atau mengangkut benda-benda berat. Barang berat tersebut dipindahkan secara horizontal dengan diayunkan atau dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Selain jenis crane, WIDI juga menyewakan Excavator yaitu salah satu varian alat berat yang pada umumnya digunakan pada sektor konstruksi dan perkebunan, namun dapat pula digunakan untuk kegiatan dalam skala besar serta plat kapal yaitu alat yang biasa digunakan sebagai tatakan / alas pada proyek.

Baca Juga: Melongok Rekomendasi Saham Emiten Jalan Tol Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru