EMITEN - JAKARTA. PT Mega Perintis Tbk (ZONE) membukukan penjualan dan pendapatan usaha Rp 398,67 miliar di semester I-2023. Jumlah itu meningkat 12,06% dari Rp355,76 miliar di periode yang sama tahun lalu.
Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis Senin (31/7), ZONE mencatatkan kontribusi pendapatan berasal dari 4 sektor yang berbeda.
Pertama adalah berasal dari sektor Department Store yang menyumbang Rp 108,83 miliar. Kedua, dari sektor Showroom yang menyumbang Rp 253,19 miliar. Ketiga dari sektor bisnis online senilai Rp35,84 miliar dan yang terakhir dari sektor lain-lain dengan nilai Rp793,39 juta.
Baca Juga: Mega Perintis (ZONE) Siapkan Strategi Ini untuk Genjot Penjualan
Corporate Secretary ZONE Luki Rusli mengatakan peningkatan penjualan di kuartal dua lebih banyak berasal dari penjualan season festive yang sumbernya dari lebaran tahun 2023.
“Akan tetapi juga ada pertumbuhan dari penjualan produk-produk dari season regular kami,” ujar Luki saat dihubungi Kontan, Selasa (01/08).
Meski dari sisi penjualan naik, laba ZONE justru tercatat turun. Tertulis dalam laporan keuangan laba (rugi) yang dapat diatribusikan pada semester I-2023 adalah sebesar Rp43,53 miliar, turun sebesar 16,19% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya dengan nilai Rp 51,94 miliar.
“Penurunan didasarkan pada peningkatan biaya gaji yaitu adanya pembayaran THR pegawai, kemudian kenaikan biaya rental dan service charge karena pada periode yang sama tahun lalu,” kata Luki.
Selain itu kata dia, perseroan masih mendapatkan diskon dari pihak manajemen Mall, dan juga peningkatan biaya promosi seiring dengan pertumbuhan penjualan online.
Meski laba turun, Luki mengatakan target Perseroan untuk tahun 2023 masih sama dengan yang sebelumnya disampaikan, yaitu pada tahun ini menargetkan pertumbuhan dari sisi penjualan sebesar 15% dibanding penjualan tahun 2022.
“Strategi yang akan dilakukan di sisa bulan tahun 2023 adalah kami berencana melakukan ekspansi dengan mengembangkan gerai-gerai baru sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Kami juga terus memfokuskan untuk peningkatan penjualan online dari brand-brand Perseroan yang ada saat ini,” kata dia.
ZONE juga tengah bersiap menjual produk-produk fashion yang update sesuai dengan tren fashion, agar para customer atau pelanggan lebih tertarik dengan melakukan renovasi gerai-gerai yang lama.
Untuk ekspansi semester I-2023, ZONE telah merencanakan untuk melakukan kolaborasi dengan lisensi internasional.
“Ini kita hadirkan dengan menghadirkan produk fashion yang menarik sehingga dapat memberikan solusi inovatif untuk mencapai pertumbuhan penjualan yang telah ditetapkan hingga akhir tahun,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News