Rekomendasi

PMI naik signifikan pada Mei, begini proyeksi analis

Kamis, 03 Juni 2021 | 23:08 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
PMI naik signifikan pada Mei, begini proyeksi analis

ILUSTRASI. Karyawan mengamati layar monitor perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta,

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja industri manufaktur kembali meningkat pada bulan Mei 2021. IHS Markit mencatat, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia bulan lalu di level 55,3 atau naik dari 54,6 pada bulan April 2021.

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menuturkan kenaikan indeks PMI karena didorong aktivitas bisnis yang sudah mulai pulih. Ia menilai pulihanya aktivitas bisnis dilandasi masyarakat yang semakin terbiasa dengan new normal.

Selain itu juga, asing juga sudah mulai masuk ke pasar saham. Ia menilai masuknya asing menandakan mereka melihat momentum bahwa ekonomi Indonesia semakin pulih. Ditambah, dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II ini mencapai 7%.

Baca Juga: Wall Street memerah, Dow jatuh lebih dari 100 poin karena kekhawatiran inflasi

Karenanya, ia menilai indeks PMI bisa melanjutkan penguatannya di Juni ini. "Kami meyakini dengan tingkat probabilitas 60%, PMI Indonesia bisa kembali pulih," lanjutnya.

Hanya saja, ia menegaskan tetap harus memperhatikan adanya potensi lockdown berkaca dari kasus Malaysia. Menurutnya, jika hal tersebut terjadi ekonomi Indonesia bisa kembali mengalami penurunan.

 

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru