Sebelum terjun berinvestasi ke pasar saham, ini tips bagi pemain pemula

Kamis, 05 November 2020 | 06:00 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Sebelum terjun berinvestasi ke pasar saham, ini tips bagi pemain pemula

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketika pertama kali berinvestasi di pasar modal, kebanyakan orang tidak memiliki tujuan atau plan yang baik dan matang alasan mereka berinvestasi saham hanya ikut-ikutan teman maupun ingin cepat kaya.

Jika diteruskan hal ini tentu akan menyebabkan kerugian di masa yang akan datang. Maka dari itu banyak sekali yang akhirnya berhenti dari saham karena mengalami kerugian.

Oleh karena itu, Bayu Cahyadi, CEO & Founder @Pesansaham mengatakan, sebelum terjun berinvestasi di pasar saham, para pemula sebaiknya mempelajari dulu secara benar tentang pasar saham.

Baca Juga: Saran Bill Gates untuk menjalani tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19

Salah satunya bisa dilakukan dengan  bergabung di emiten.com yang merupakan platform aplikasi rekomendasi saham yang di dalamnya terdapat berbagai analis fundamental teknikal berpengalaman tersertifikasi.

Ada beberapa tips agar bisa survive dan berhasil di saham. Pertama, tentukan tujuan apa tujuan masuk ke pasar modal.

"Menjadi trader atau menjadi investor merupakan pilihan masing-masing individu. Namun, pilihan tersebut harus jelas. Bila tidak jelas diawal, nanti dapat dipastikan akan tersesat ditengah jalan," kata Bayu dalam press rilis, Rabu (4/11).

Kedua, lakukan rutinitas berdasarkan pilihan. Seorang trader melakukan rutinitas melihat grafik dan indikator. Tetapi seorang investor lebih banyak membaca.

Bayu menyarankan untuk mencontoh apa yang dilakukan oleh salah satu investor sukses di dunia seperti Warren Buffet yang menghabiskan waktu setidaknya 8 jam sehari untuk membaca dan sisanya untuk berpikir. Bila kita ingin menjadi investor yang sukses, banyaklah membaca dan berpikir.

Ketiga, evaluasi Berkala. Berinvestasi maupun trading merupakan sebuah proses dimana orang tersebut akan belajar dari kesalahan lalu melakukan improvisasi.

Baca Juga: IHSG diprediksi melanjutkan penguatan, simak saham ASII, WEGE, dan IMAS

Evaluasi metode yang digunakan dalam trading maupun investasi secara 6 bulanan atau 1 tahun. Apakah metode yang digunakan menghasilkan profit? Kalau tidak menghasilkan, apa yang harus dirubah?

Bayu Cahyadi merupakan CEO & Founder @Pesansaham yang telah berkecimpung dan merasakan nikmat pahitnya pasar modal sejak tahun 2007.

Dirinya  aktif berkontribusi sebagai analis terverifikasi yang menggunakan strategi value investing di Platform Aplikasi Rekomendasi Saham emiten.com dengan pedoman andalannya yakni  “Know what you buy and why you buy it".

Editor: Yudho Winarto
Terbaru