Terkoreksi 0,53%, begini prediksi IHSG pada Selasa (16/3)

Senin, 15 Maret 2021 | 20:25 WIB   Reporter: Kenia Intan
Terkoreksi 0,53%, begini prediksi IHSG pada Selasa (16/3)

ILUSTRASI. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan, Senin (15/3).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona merah pada perdagangan, Senin (15/3). IHSG melemah 33,95 poin atau 0,53% ke level 6.324,26.

Mengutip data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), mayoritas sektor saham di bursa memang memerah. Penurunan paling dalam dialami indeks saham sektor bahan baku sebesar 1,22%. Setelahnya disusul indeks saham sektor infrastruktur yang melorot 1,19%, serta indeks saham sektor properti dan real estat yang tertekan 0,88%.

Chief Executive Officer (CEO) PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengamati, saat ini pergerakan IHSG terlihat sedang melalui fase konsolidasi wajar. Fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas disinyalir cukup memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG dalam beberapa waktu mendatang.

Baca Juga: IHSG turun, asing banyak menadah saham-saham ini pada perdagangan Senin (15/3)

"Sehingga selama IHSG dapat dipertahankan diatas resisten level terdekat maka IHSG masih akan berada dalam pola uptrend jangka pendeknya," tulis William dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Senin (15/3).

Ia pun memprediksi pergerakan IHSG pada Selasa (16/3) akan menguat terbatas di kisaran level 6.260 hingga 6.389. Di tengah IHSG yang menguat terbatas, ia mencermati saham-saham seperti SMRA, BBNI, ASII, AALI, ICBP, INDF, dan WIKA.

Sementara, secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan, berdasarkan rasio fibonacci support maupun resistance minimum berada pada 6.281,09 hingga 6.394,45. Adapun berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, dan RSI telah menunjukkan sinyal positif.

"Meskipun demikian, terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG," jelasnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Senin (15/3).

 

Selanjutnya: IHSG diprediksi lanjut terkoreksi pada Selasa (16/3)

 

Editor: Khomarul Hidayat
Terbaru