Valuasi saham BRIS lebih mahal daripada seluruh bank BUMN

Kamis, 22 Oktober 2020 | 05:58 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Valuasi saham BRIS lebih mahal daripada seluruh bank BUMN

ILUSTRASI. Valuasi saham BRIS lebih mahal daripada seluruh bank BUMN. FOTO: KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/10/2020.


HARGA SAHAM - JAKARTA. Rencana penggabungan (merger) bank syariah BUMN bakal menggerus kepemilikan publik pada PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS) menjadi 4,4%. Sebagaimana diketahui, BRIS akan menjadi surviving entity dalam merger dengan PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah.

Dilusi kepemilikan ini tergolong besar karena mengurangi porsi kepemilikan publik hingga 14%. Mengingat, masyarakat saat ini masih mengempit 18,47% saham BRIS.

"Investor publik BRIS tentu tidak mengharapkan dilusi sebesar itu meski BRIS nantinya wajib melakukan refloating supaya memenuhi ketentuan minimal free float 7,5%," kata Kepala riset Samuel Sekuritas Suria Dharma, Rabu (21/10).

Bagi pemilik saham BRIS yang tidak setuju dengan merger ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) selaku perusahaan induk BRIS membuka penawaran untuk membeli saham-saham publik.

Dalam rancangan penggabungan usaha yang diterbitkan BRIsyariah, harga pembelian yang ditawarkan BRI adalah sebesar Rp 781,29 per saham. Harga tersebut berasal dari penilaian valuasi BRIsyariah per Juni 2020 yang senilai Rp 7,59 triliun atau setara Rp 781,29 per saham.

Valuasi saham BRIS lebih mahal daripada seluruh bank BUMN

Baca Juga: Saham publik BRISyariah (BRIS) terdilusi akibat merger, ini kata BEI

Sebenarnya harga penawaran beli BRIS oleh BRI yang sebesar Rp 781,29 per saham tidak jauh berbeda dengan book value per share (BVPS) per Juni 2020 yang sebesar Rp 536. Harga pembelian tersebut setara 1,5 kali BVPS, sementara harga aktual BRIS saat ini mencerminkan 2 kali BVPS.

Dengan begitu, meski modal dan aset BRIS bakal naik empat kali lipat setelah merger, harga pembelian tersebut menunjukkan tingkat BVPS yang kurang lebih sama. Padahal, awalnya, pelaku pasar berasumsi akan terjadi kenaikan BVPS setelah merger.

Suria mengatakan kalau pemegang saham publik BRIS sudah membaca skema merger ini, maka bisa ambil kesempatan jual tadi pagi, Rabu (21/10). "Pasalnya, sampai dengan akhir sesi 1, saham BRIS belum turun begitu dalam," kata dia.

Baca Juga: Saham BRISyariah (BRIS) mentok auto rejection bawah setelah mencapai rekor tertinggi

Sementara hingga akhir perdagangan, harga saham BRIS merosot 7% ke level Rp 1.395 per saham alias terkena auto rejection bawah. Entah akan tertekan lagi atau tidak pada esok hari, Kamis (22/10).

Oleh karena itu, investor publik bisa kembali melihat preferensi masing-masing, apakah valuasi saat ini masih terbilang fair atau tidak. Akan tetapi, yang jelas, valuasi BRIS saat ini sudah tergolong tinggi bahkan lebih mahal daripada seluruh bank BUMN induk.

Selanjutnya: Saham BRI Syariah (BRIS) antiklimaks, rontok 7% sehari tertahan ARB!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru