Wall Street Perkasa: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Kompat Ditutup Menguat

Jumat, 09 Juni 2023 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Perkasa: Dow, S&P 500 dan Nasdaq Kompat Ditutup Menguat


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street perkasa setelah tiga indeks utama ditutup menguat dan mendapatkan kembali momentum berkat rebound saham teknologi. Sementara volatilitas turun ke rekor terendah jelang rilis sejumlah data ekonomi dan kebijakan yang penting pada pekan depan.

Kamis (8/6), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,5% menjadi 33.833,61, indeks S&P 500 menguat 0,62% ke 4.293,93 dan indeks Nasdaq Composite menguat 1,02% ke 13.238,52.

Di antara 11 sektor S&P utama, indeks discretionary konsumen memimpin. Sementara indeks real estate dan energi tergelincir, dengan yang terakhir terpukul oleh penurunan harga minyak.

Indeks Volatilitas CBOE, juga dikenal sebagai pengukur rasa takut Wall Street, turun ke rekor terendah baru pasca-pandemi.

"Apa yang sebenarnya Anda lihat di pasar vol adalah keengganan untuk terlibat," kata David Bianco, kepala investasi Amerika untuk manajer aset DWS Group. "Anda baru saja mengalami kelumpuhan pada investor."

Investor duduk di pinggir lapangan menjelang data inflasi dan pertemuan kebijakan Federal Reserve di pekan depan.

Baca Juga: Wall Street Menghijau Menanti Data Inflasi Utama AS, Kamis (8/6)

Pedagang memperkirakan peluang 73% dari bank sentral AS yang mempertahankan suku bunga pada kisaran 5%-5,25% yang ada saat ini, selama pertemuan kebijakan moneter pada 13-14 Juni, menurut alat Fedwatch CMEGroup. Namun, mereka melihat peluang 50% dari kenaikan suku bunga di bulan Juli.

Imbal hasil US Treasury untuk tenor acuan dua tahun, yang cenderung bergerak sejalan dengan ekspektasi suku bunga jangka pendek, turun dari tertinggi satu minggu ke 4,51% setelah lonjakan tajam dalam klaim pengangguran mingguan menandakan pelunakan pasar tenaga kerja.

Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis data inflasi pada 13 Juni, hari pertama pertemuan The Fed. Angka-angka tersebut diharapkan menunjukkan harga konsumen sedikit menurun di bulan Mei tetapi harga inti tetap kaku.

Sementara itu, rebound oleh teknologi dan saham megacap membantu indeks utama mendapatkan kembali pijakannya di tengah volume yang tipis.

Saham kelas berat Amazon.com Inc naik 2,49% karena Wells Fargo memulai liputan pada perusahaan dengan peringkat "overweight". Sementara saham Nvidia Corp, Apple Inc dan Tesla Inc naik antara 1,55% dan 4,58 %.

Saham GameStop Corp merosot 17,89% karena investor miliarder Ryan Cohen mengambil alih sebagai ketua eksekutif setelah pengecer video-game itu memecat CEO-nya dan membukukan kerugian kuartalan yang lebih besar dari perkiraan.

Baca Juga: Kenaikan IHSG Diprediksi Berlanjut pada Jumat (9/6), Saham-Saham Ini Layak Dilirik

Saham Adobe melonjak 4,95% setelah Piper Sandler menaikkan target harganya pada saham menjadi US$ 500. Pembuat perangkat lunak Photoshop mengatakan sedang menawarkan alat AI "Firefly" untuk bisnis besar.

Di sisi lain, saham Lucid Group anjlok 1,88% setelah kepala operasional pembuat kendaraan listrik mewah AS di China, Zhu Jiang, mengatakan perusahaan sedang bersiap untuk memasuki pasar mobil terbesar di dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru