Wall Street Reli: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Menguat

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:00 WIB Sumber: Reuters
Wall Street Reli: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Menguat


WALL STREET - NEW YORK. Wall Street lanjutkan reli pada perdagangan awal pekan ini. Penguatan bursa saham Amerika Serikat (AS) ini didorong oleh lonjakan harga saham dari sektor teknologi di tengah antusiasme baru para investor untuk momentum pemimpin pasar yang terpukul tahun lalu.

Senin (23/1), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,76% menjadi 33.629,56, indeks S&P 500 ditutup menguat 1,19% ke 4.019,81 dan indeks Nasdaq Composite ditutup melesat 2,01% ke 11.364,41.

Ketiga indeks saham utama AS ini memperpanjang kenaikan yang juga terjadi pada hari Jumat (20/1), dengan indeks Nasdaq yang padat sektor teknologi memimpin, didorong oleh saham semikonduktor.

Di sisi lain, dari 11 sektor pada indeks utama S&P 500, semuanya kecuali sektor energi berakhir menguat, dengan saham setor teknologi menikmati persentase kenaikan terbesar. Pada sesi ini, sektor teknologi melesat 2,3%.

Musim pelaporan kuartal keempat telah bergeser menjadi overdrive, dengan 57 perusahaan di indeks S&P 500 telah membukukan hasil. Berdasarkan Refinitiv, dari jumlah tersebut, 63% telah menghasilkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan.

Analis sekarang melihat pendapatan kuartal keempat pada indeks S&P 500, secara agregat, turun 3% secara tahunan. Itu hampir dua kali lebih curam dari penurunan tahunan 1,6% yang terlihat di awal tahun, berdasarkan data Refinitiv.

Baca Juga: Wall Street Melesat di Awal Pekan, Investor Memantau Kinerja Keuangan Emiten

Minggu ini, Microsoft Corp dan Tesla Inc, bersama dengan serentetan industri besar termasuk Boeing CO, 3M Co, Union Pacific Corp, Dow Inc, dan Northrop Grumman Corp, diperkirakan akan merilis kinerja kuartalan.

"Kelompok ini yang mengalami depresi, jadi saya tidak terlalu terkejut," kata Peter Tuz, Presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia. "Kita akan melihat pendapatan dari perusahaan-perusahaan ini selama beberapa minggu ke depan dan di sanalah karet bertemu jalan."

"Itu adalah grup yang siap untuk rebound."

Indeks semikonduktor Philadelphia SE melonjak 5,0%, kenaikan satu hari terbesar sejak 30 November setelah Barclays meningkatkan sektor ini menjadi "overweight" dari "equal weight."

Sesi ini juga menandai ketenangan sebelum badai dalam seminggu penuh dengan laporan pendapatan profil tinggi dan back-end sarat dengan data ekonomi penting.

Investor sangat yakin Federal Reserve akan menerapkan kenaikan suku bunga kecil pada pertemuan minggu depan bahkan ketika bank sentral AS tetap berkomitmen untuk menjinakkan siklus inflasi terpanas dalam beberapa dekade.

Baca Juga: Cermati Rekomendasi Teknikal Saham MAPI, SSIA, ITMG untuk hari ini, Selasa (24/1)

"(Investor) cukup nyaman bahwa mereka akan melihat kenaikan suku bunga yang lebih rendah dari The Fed, bahwa kami menghindari inflasi dan kenaikan suku bunga," tambah Tuz.

"Saham bisa berhasil dengan baik di lingkungan itu, terutama saham dengan pertumbuhan besar yang menggerakkan pasar," lanjut dia.

Pasar keuangan memperkirakan kemungkinan 99,9% dari kenaikan 25 basis poin ke tingkat target suku bunga The Fed pada akhir pertemuan kebijakan moneter selama dua hari pada Rabu pekan depan, menurut FedWatch.

Pada perdagangan kali ini, saham Tesla melonjak 7,7% setelah Kepala Eksekutif Elon Musk mengambil sikap dalam persidangan penipuannya terkait dengan tweet yang mengatakan dia mendukung untuk menjadikan produsen mobil listrik itu perusahaan pribadi.

Di sisi lain, saham Baker Hughes Co merosot 1,5% setelah perusahaan menghilangkan estimasi laba kuartalan karena tekanan inflasi dan gangguan yang sedang berlangsung akibat perang Rusia di Ukraina.

Perusahaan perangkat lunak berbasis cloud Salesforce Inc melonjak 3,1% menyusul berita bahwa investor aktivis Elliot Management Corp telah mengambil saham multi-miliar dolar di perusahaan tersebut.

Spotify Technology SA bergabung dengan daftar perusahaan terkait teknologi yang terus bertambah untuk mengumumkan PHK yang akan datang. Di mana, perusahaan memangkas 6% tenaga kerjanya karena kenaikan suku bunga dan kemungkinan resesi yang membayangi terus menekan pertumbuhan saham. Saham perusahaan streaming musik naik 2,1%.

Di bidang ekonomi, Departemen Perdagangan AS diperkirakan akan mengungkapkan "kemajuan" awalnya pada PDB kuartal keempat pada hari Kamis, yang diperkirakan para analis akan mendarat di 2,5%.

Pada hari Jumat, laporan pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) yang luas akan menyoroti pengeluaran konsumen, pertumbuhan pendapatan, dan yang terpenting, inflasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru