Waspadai Koreksi Lanjutan IHSG pada Selasa (22/3)

Selasa, 22 Maret 2022 | 07:05 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Waspadai Koreksi Lanjutan IHSG pada Selasa (22/3)


PROYEKSI IHSG - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,22 poin ke level 6.955,18 pada perdagangan Senin (21/3). Meski IHSG punya peluang menguat, investor tetap perlu waspada koreksi lanjutan.

Untuk perdagangan Selasa (22/3), Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memprediksi IHSG berpotensi technical rebound ke kisaran 6.970. Tapi, dia menyarankan pelaku pasar untuk mewaspadai potensi koreksi lanjutan dalam jangka menengah dengan support area terdekat di 6.920.

Secara teknikal, terbentuk death cross pada Stochastic RSI dan MACD. Di samping itu, investor asing mengawali pekan ini, Senin (21/3) dengan net sell sebesar Rp 567,95 miliar. Valdy menambahkan, pelaku pasar bisa perhatikan potensi rebound pada ANTM dan SSMS, penguatan lanjutan pada PWON, TLKM, dan SCMA, serta peluang trading buy di INKP dan TKIM.

Baca Juga: Punya Fundamental Oke, Rupiah Bisa Menguat Besok, Selasa (22/3)

“Dari eksternal, pelaku pasar mencermati pidato Gubernur Federal Reserve Jerome Powell. Pelaku pasar terus mencari petunjuk mengenai arah kebijakan moneter the Fed yang diperkirakan cukup agresif di 2022 dan kesiapan ekonomi AS menghadapi pengetatan tersebut,” ungkap Valdy dalam riset, Senin (21/3). 

Masih dari eksternal, peningkatan kembali kasus Covid-19, terutama di Tiongkok dikhawatirkan memperparah kondisi gangguan rantai pasok yang tengah terjadi saat ini. Selain itu, data terbaru menunjukkan producer price index (PPI) Jerman naik 25,9% yoy di Februari 2022 dibandingkan 25% yoy di Januari 2022.

Dari dalam negeri, antisipasi kenaikan inflasi di Maret 2022 juga menjadi salah satu kekhawatiran utama pelaku pasar. Pelaku pasar mencermati upaya-upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga, termasuk minyak goreng.

Baca Juga: IHSG Naik Tipis Pada Senin (21/3), Asing Mencatat Jual Bersih Rp 568 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru