Barito Renewables (BREN) Bidik Rp 3,51 Triliun dari IPO, Intip Penggunaan Dananya

Sabtu, 16 September 2023 | 05:45 WIB   Reporter: Akhmad Suryahadi
Barito Renewables (BREN) Bidik Rp 3,51 Triliun dari IPO, Intip Penggunaan Dananya


RENCANA IPO - JAKARTA. Perusahaan Grup Barito yang bergerak di bidang energi baru terbarukan (EBT) yakni PT Barito Renewables Energy berencana melakukan initial pubic offering (IPO). 

Dalam prospektus ringkas yang diterbitkan di Harian Kontan, Jumat (15/9), Perusahaan yang menggunakan kode saham BREN ini melepas sebanyak-banyaknya Rp 4,5 miliar saham atau setara 3,35% dari modal disetor dan ditempatkan setelah IPO.

Harga yang ditawarkan dalam penawaran umum perdana saham ini di rentang Rp 670 sampai Rp 780. Dus, Barito Renewables Energy berpotensi meraup dana sebanyak-banyaknya Rp 3,51 triliun.

Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana saham seluruhnya akan digunakan oleh BREN untuk penyetoran modal kepada STAR melalui pengambilan bagian atas saham baru yang akan diterbitkan oleh Star Energy Group Holdings (STAR). 

Baca Juga: Anak Usaha HK Metals Utama (HKMU) Dimohonkan PKPU

Seluruh dana yang telah masuk sebagai setoran modal dari BREN tersebut akan digunakan oleh STAR untuk dua keperluan.

Pertama, membayar sebagian utang fasilitas B kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) sebanyak-banyaknya sebesar US$ 158,58 juta.

Kedua, memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas Pte. Ltd. dan BREN sebagai pelaksanaan dari perjanjian penunjukan dan penggantian biaya yang telah ditandatangani oleh BREN, Star Energy Group Holdings dan Star Energy Oil and Gas tertanggal 3 Juli 2023  dan Surat BREN tertanggal 25 Agustus 2023, perihal penunjukan Star Energy Group Holdings sebagai pemegang saham ACEHI Netherlands B.V

Adapun rincian kewajiban pembayaran berdasarkan perjanjian penunjukan dan penggantian biaya  yakni kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas sebanyak-banyaknya sebesar US$ 66,5 juta.  Kemudian, kewajiban pengembalian uang muka kepada  BREN sebesar US$ 6 juta.

Dana yang diperoleh BREN dari pemenuhan kewajiban oleh Star Energy Group Holdings akan digunakan oleh BREN untuk modal kerja termasuk namun tidak terbatas untuk pembayaran gaji, biaya jasa profesional dan biaya sewa.

Baca Juga: Begini Prospek IPO Sumber Sinergi Makmur (IOTF) yang Incar Dana Segar Rp 132 Miliar

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek yakni BNI Sekuritas. Sementara penjamin emisi efek akan diumumkan kemudian. Masa penawaran awal berlangsung mulai 18 September 2023 sampai 25 September 2023.

PT Barito Renewables Energy merupakan anak usaha dari PT Barito Pacific Tbk (BRPT). BRPT tercatat mengempit 86,51 miliar saham BREN atau setara 66,67%. Setelah IPO, persentase kepemilikan BRPT di BREN akan menurun menjadi 64,43% dengan jumlah kepemilikan saham tetap 86,51 miliar. BREN akan menjadi perusahaan induk bagi semua inisiatif Grup Barito di sektor energi terbarukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru