Permudah Investor Analisis Saham IPO, BEI Rilis IDX New Listing Information

Rabu, 20 September 2023 | 14:12 WIB Sumber: Kompas.com
Permudah Investor Analisis Saham IPO, BEI Rilis IDX New Listing Information

ILUSTRASI. Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,46 persen atau 31,9 poin ke level 6.854 pada akhir BEI Rilis IDX New Listing Information, Permudah Investor Analisis Saham IPO.Tribunnews/Jeprima


BURSA EFEK INDONESIA / BEI -JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan IDX New Listing Information. Peluncuran IDX New Listing Information bertujuan untuk memudahkan investor dalam menganalisis data dan informasi yang komprehensif terkait pencatatan perdana saham suatu perusahaan.

IDX New Listing Information merupakan publikasi statistik baru yang menghadirkan kumpulan data dan informasi pencatatan perdana calon perusahaan tercatat di BEI yang meliputi profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan, serta informasi pemegang saham.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Irvan Susandy mengatakan, melalui data tersebut, investor akan dimudahkan dalam menentukan keputusan investasinya. Peluncuran publikasi ini juga merupakan upaya BEI dalam mendukung ketersediaan, transparansi, dan akses yang lebih luas akan data pasar modal Indonesia.

“Peluncuran IDX New Listing Information bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandardisasi untuk mendukung integrasi sistem basis data, serta meningkatkan tampilan dan penyajian data agar menjadi lebih mudah dimengerti sekaligus user friendly,” kata Irvan secarar virtual, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Bursa Karbon Diluncurkan 26 September, Begini Rencana Pertamina Geothermal (PGEO)

Irvan mengungkapkan, peluncuran IDX New Listing Information juga diharapkan berkontribusi dalam memperluas pemanfaatan informasi pasar modal bagi seluruh masyarakat dan meningkatkan inklusi serta literasi pasar modal Indonesia.

Adapun informasi-informasi yang terdapat dalam IDX New Listing Information yakni, profil perusahaan (company profile), pencatatan saham perdana (IPO & Stock Listing), tata kelola perusahaan (corporate governance), dan papan pencatatan dan klasifikasi industri (board & classification).

IDX New Listing Information juga memberikan informasi mengenai pencatatan waran (warrant listing), rencana penggunaan dana (intended use of fund), lembaga profesi penunjang (supporting institutions), data laporan keuangan (financial statement data), informasi segmen usaha (segment information), dan informasi pemegang saham (shareholder information).

Pada peluncuran IDX New Listing Information, BEI menambahkan konten yang disajikan agar dapat lebih memenuhi kebutuhan investor. Adapun konten tersebut mencakup rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam setahun, anggota indeks ISSI, cost of fund, dan kategori rencana penggunaan dana IPO.

Baca Juga: Hampir Tembus 7.000 di Pembukaan, IHSG Justru Berpotensi Melemah Hari Ini

Ada juga, ringkasan laporan keuangan dan pemegang saham terbaru, kinerja keuangan dalam bentuk grafik (aset, liabilitas, ekuitas, pendapatan, laba/rugi), rasio keuangan, jumlah karyawan, hingga diagram komposisi pemegang saham.

“IDX New Listing Information menyediakan publikasi statistik pasar modal yang komprehensif bahkan sejak perusahaan akan tercatat di BEI. Kami juga akan berupaya agar data tersebut juga bisa tersedia pada aplikasi IDX Mobile ke depannya,” tegas Irvan.

artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BEI Rilis IDX New Listing Information, Permudah Investor Analisis Saham IPO"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru